Senin, 14 November 2011

UNESCO Diminta Tetapkan Pacitan dan Gunung Batur dalam Geopark

Berita Indonesia - Pemerintah Indonesia mengusulkan kepada badan PBB yang membicangi pendidikan dan kebudayaan, UNESCO, agar Pacitan di Jawa Timur dan Gunung Batur di Bali ditetapkan ke dalam anggota Jaringan Geopark Global (GGN). Jika usulan pemerintah itu diterima UNESCO, maka Pacitan dan Gunung Batur menjadi geopark pertama Indonesia.

“Kaldera Gunung Batur di Bali dan Pacitan di Jawa Timur memiliki kekuatan geologi yang luar biasa. Label Geopark Global ini merupakan label yang diberikan secara sukarela dan menunjukkan kualitas dan bukan sebagai undang-undang. UNESCO menawarkan dukungan untuk Geopark Global atas dasar ad-hoc melalui permintaan dari negara-negara anggota,” ujar Sesditjen Pengembangan Destinasi Wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Achyaruddin saat seminar sosialisasi Geopark di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta, Senin (14/11).
Sebenarnya, lanjut Achyaruddin, Indonesia akan mengajukan 170 destinasi geodiversity untuk dijadikan sebagai jaringan geopark global oleh UNESCO. Keseluruh titik tersebut tersebar dari Sabang dan Merauke.

Di Pulau Sumatera 35 titik, Pulau Jawa 71 titik, Bali dan Nusa Tenggara 27 titik, Pulau Kalimantan 12 titik, Pulau Sulawesi 20 titik, dan Kepualaun Maluku dan Papua 5 titik. Sedangkan di seluruh dunia, baru ada 66 geopark di 21 negara yang masuk dalam jaringan UNESCO, dan Cina merupakan pemilik geopark terbanyak dengan 22 geopark. Sedangkan, tingkat Asia Tenggara baru ada 1, yaitu Pulau Langkawi di Malaysia.
“Setiap tahun kami mengupayakan akan mengusulkan 1-2 buah geopark kepada UNESCO. Karena sebenarnya, kita ini lebih memiliki banyak geopark dibanding China. Bahkan, geopark kita lebih unik dan bisa lebih menjual dan menarik wisatawan,” imbuhnya.
Sebenarnya Gunug Batur dan Pacitan sudah pernah diusulkan. Namun ada beberapa hal yang perlu dilengkapi. Rencananya, pemerintah akan mengajukan ulang keduanya Maret 2012 saat pembahasan geopark di Jepang.

"Beberapa fasilitas dan master plan geopark sudah disiapkan. Sehingga 2013 tim akan kembali menilai apakah layak masuk atau tidak,” ujarnya.
Di samping Gunung Batur dan Pacitan, tambah Achyaruddin, pemerintah juga bersiap mengajukan 3 destinasi lagi untuk menjadi geopark di bulan September 2012 mendatang. Ketiga destinasi tersebut antara lain, Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat (NTB), Danau Toba di Sumatera Utara, dan Wayak di Raja Ampat, Papua Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar