Jumat, 09 Desember 2011

DIABETES MELITUS

Diabetes Melitus adalah suatu penyakit dimana terjadi peningkatan kadar gula di dalam darah. Penyakit ini sering juga disebut Penyakit KENCING MANIS.Diabetes bukanlah penyakit menular, penyakit ini disebabkan oleh gangguan produksi hormon Insulin yang dihasilkan oleh sel Beta pankreas.


Apa yang sebenarnya terjadi?


Setiap kali menerima asupan karbohidrat dari makanan, tubuh akan memecahnya menjadi gula sederhana (Glukosa) yang akan segera masuk dalam aliran darah. Kondisi ini merangsang kelenjar pankreas untuk menghasilkan hormon Insulin, yang bertugas menggiring glukosa masuk kedalam sel, agar tidak gentayangan di dalam darah. Namun adakalanya tidak semua glukosa yang seharusnya tersimpan dalam sel berhasil digudangkan dan masih banyak yang tertinggal didalam darah. Akibatnya, gula darah ini akan dibuang bersama urin (air kencing), sehingga kencing terasa manis.
Gejala awal:
-Banyak minum , karena sering haus;
-Banyak kencing , dan;
-Banyak makan

Bila gejala awal ini terlewatkan dari perhatian, biasanya penderita mengalami penurunan berat badan dalam waktu 2-4 minggu, berat badan bisa susut sampai 5-10 kg

Faktor-faktor resiko kemungkinan penderita mendapat penyakit Kencing manis
1. Keturunan

Waspadalah jika orang tua (baik keduanya atau salah satu), ataupun saudara yang lainnya ada yang menderita kencing manis. Berarti Anda telah mengenggam resiko 40 % untuk mengidap Diabetes 2. Bayi Super
Resiko yang sama muncul pada orang yang pernah melahirkan bayi lebih dari 4000 gram atau dalam pemeriksaan pernah ditemukan kadar glukosa darahnya melebihi 140 mg/l (puasa) atau di atas 200 mg/dl (2 jam setelah makan)
3. Berat badan
Kegemukan (obesitas) juga turut mengundang kedatangan diabetes. Seseorang dikatakan gemuk apabila Berat Badan Relatif (BBR) > 120 %. Rumusan ini diperoleh dari :
BBR = BB (kg) / (TB (cm) – 100) X 100%
Misal : TB = 165cm, BB = 68kg
BBR = 68/(165-100) x 100% = 105%
4. Hipertensi
Tekanan darah yang tinggi (hipertensi), yakni tensi lebih besar daripada 160/95, mengundang kemungkinan yang sama.


Bagaimana mencegahnya ?

  1. Pola hidup sehat
Olah raga yang teratur, juga jauhi makanan yang mengundang Diabetes dengan berkonsultasi kepada dokter anda
  1. Kurangi gula
Langkah pertama adalah mengurangi konsumsi gula dan makanan – minuman bergula, antara lain Es krim, soft drink, jeli. Batasi hingga konsumsi gula atau makanan-minuman manis tidak lebih dari setara 2.5 sendok makan rata gula pasir/hari
  1. Jaga berat badan
Begitu diketahui BBR sudah melampui 110 %, segeralah untuk berdiet rendah kalori atau tingkatkan aktivitas fisik
  1. Makan makanan alami
Imbangi dengan meningkatkan konsumsi bahan makanan alami yang kaya serat kasar (sayuran hijau, beras putih tumbuk, beras merah, buah-buahan).
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar